Cara Mengatasi “Takut Salah” dalam Ngeblog

Ini problem yang hampir selalu dilontarkan peserta dalam pelatihan blog: takut salah. Sebulan terakhir ini ngisi pelatihan blog di beberapa komunitas, dan kata “takut salah” itu nggak pernah absen.

Takut salah dalam menyampaikan sesuatu, berujung malu, dan mandeg alias gagal berkarya. Takut salah yang dikambinghitamkan sebagai pembenaran atas kemalasan bergerak. Takut salah yang juga dialibikan untuk menyumpal ketidakmauan dalam mencoba.

Padahal, “takut salah” bukan masalah yang nggak bisa diatasi. Takut salah juga bukan hewan piaraan yang asik diajak berkawan. Apalagi menguntungkan, nggak sama sekali. Yang ada, kamu rugi besar kalau miara takut sakut salah dalam segala hal. Apalagi ngeblog!

Dari pada terus-terusan takut salah, mending cobain tips ini deh!

1. Anggap semua pembaca blogmu adalah orang-orang favoritmu!

Kamu pasti punya orang-orang favorit kan? Orang-orang yang dekat, peduli, sayang, bahkan cinta sama kamu. Eitz, nggak harus pacar kok. Bisa orang tua, sahabat, kawan dekat, atau siapa pun yang peduli sama kamu.

Nah, anggaplah semua pembacamu itu orang tuamu, sahabatmu, orang terdekatmu, pokoknya orang-orang favorit kamu deh. Dijamin 99%, mereka nggak akan ngejek kalau tulisan atau karyamu jelek. Mereka nggak akan marah-marah kalau karyamu salah. Mereka juga nggak akan bikin kamu nangis kalau karya kamu kurang manis.

Justru mereka bakalan support kamu, ngasih saran buat kebaikan kamu, dan yang paling penting, mereka tetap setia buat menikmati setiap karya kamu. Jadi, ngapain malu? Ngapain takut salah? Toh, kalau pun salah, mereka (pembacamu) bakalan ngasih saran biar kamu bisa memperbaiki kualitas kamu kok!

Enjoy aja, men!

2. Berani mencoba!

Pernah dengar “pertahanan terbaik adalah menyerang”? Nah, kalau gitu cara terbaik buat menghancurkan dinding “takut salah” adalah berani mencoba! Kalau kamu berhenti di takut salah, kamu nggak akan pernah tahu di mana sebenarnya letak ketakutanmu dan kesalahanmu. Apalagi letak takut salahmu itu. Tapi kalau kamu berani mencoba, pasti cepat atau lambat kamu bakal tahu: apa yang sebenarnya kamu takutin, dan apa kesalahanmu?

Kalau ternyata kamu benar, ya syukur. Tapi kalau kamu benar melakukan kesalahan, ya jadi tahu gimana cara memperbaikinya. Makannya kamu harus nyoba, nyoba, dan nyoba! Berani nyoba!

Mana tahu takut salah itu cuma prasangkamu aja! Mana tahu sebenarnya kamu bisa ngeblog, kamu bisa berkarya, kamu bisa bikin sesuatu yang “wow”! Dan itu cuma bisa kamu buktiin kalau kamu “berani mencoba”!

Pepatah juga bilang: mending salah karena mencoba dari pada benar tapi diam, kan?

Yuk, ah! Derrrr! Jangan takut salah!

damai_wardani

(sedang dalam perjalanan)

Read Previous

Nasib Pejalan Kaki Kala Hujan

Read Next

Serpihan Kenangan

Facebook Comments

Disqus Comments

damae