Baturaden, Lokawisata Paling Asyik di Banyumas

width=300Bergandeng tangan dengan kekasih. Ialah hal paling mengasyikkan yang bisa Anda lakukan saat berjalan-jalan di Wana Wisata Baturaden. Sembari menikmati kesejukan lereng gunung Slamet, Anda dapat mencuci mata dengan hijaunya panorama yang eksotis. Gemericik air terjun dari Pancuran Satu, Pancuran Tilu, dan Pancuran Pitu, juga menambah kemesraan melodi alam yang siap menemani waktu santai Anda. Jika Anda pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond, Anda dapat memanfaatkan camping ground atau Bumi Perkemahan. Dan masih ada sederet wahana lain yang dijamin membuat Anda betah berlama-lama disana. Tertarik untuk mencoba?

—-

/Lokawisata di bilangan desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas ini tidak sulit Anda temukan. Anda cukup menghabiskan waktu 30 menit untuk menempuh 15 KM dari terminal Purwokerto. Hanya dengan Rp. 10.000,- angkutan kota siap mengantar Anda hingga depan gerbang utama kawasan ini. Jika ingin praktis dan nyaman, tersedia Taxi di terminal atau pusat kota. Atau Anda memilih kendaraan pribadi? Tentu saja boleh. Area parkir dijamin luas, kawan.

Tak perlu khawatir dengan tiket masuk, karena tersedia tiga pilihan sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jika hanya ingin berkeliling ke semua lokasi, Anda cukup membeli Tiket Masuk sebesar 5 ribu rupiah. Tapi jika ingin mencoba semua wahana, Anda dapat membeli Tiket Terusan I seharga 10 ribu. Atau ingin dapat bonus menonton Teater Alam dengan Museum Pesawat Terbang sebagai bioskopnya? Bisa. Tersedia Tiket Terusan II seharga 15 ribu. Dengan membeli tiket terusan, berarti Anda menghemat 3 ribu rupiah dibanding membeli tiket satuan.

—-

width=300Sejak 1928, Baturaden memang sudah masyhur dengan kemolekan alamnya. Pemandian Air Panas, Curug Ceheng, Wahana Wisata Lembah Combong, Combong Valley Paint Ball and War Games, Telaga Sunyi, Baturaden Adventure Forest, dan sederet wahana lain, memberi Anda kepuasan berwisata sekaligus bertadabbur alam. Kiranya keindahan yang kita lihat itu justru semakin meningkatkan rasa syukur, mendekatkan diri pada Sang Pencipta, dan senantiasa menambah ketaqwaan kita pada-Nya.

Objek wisata lain yang tak kalah menarik ialah Air Terjun Pancuran Satu, Pancuran Telu, dan Pancuran Pitu, yang letaknya saling bersebelahan. Air terjun ini mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Anda juga dapat mencicipi terapi ikan yang tak jauh dari pintu masuk. Kolam renang yang airnya bersumber dari kaki gunung Slamet, juga sayang untuk dilewatkan.

—-

width=300Aha! Untuk Anda yang senang dengan flora dan fauna, Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden merupakan tempat yang tepat untuk mencurahkannya. Mengunjungi Kebun Raya yang pernah mendapat prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam Penobatan Anugrah Wisata Jawa Tengah dan DIY di Semarang pada 23 Agustus 1996 ini, berarti Anda telah berwisata edukasi. Betapa tidak, di taman ini Anda dapat menemukan berbagai jenis flora yang telah teridentifikasi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Diantaranya jenis Damar (Agathis borneensis), Puspa (Schima wallichii), Rasamala (Altingia excelsa), Mahoni (Switenia macrophylla), Kaliandra (Callyandra sp), Paku-pakuan, Kantong semar dan jenis-jenis Anggrek.

width=300Di Wisata Pendidikan Wanasuka Baturaden ini juga terdapat aneka fauna dari dalam maupun luar negeri seperti Australia, Asia, dan Belanda. Koleksinya meliputi Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang, Bondol, dan Rusa. Di tempat ini juga terdapat Museum Satwa Langka, seperti Harimau Sumatera, Beruang Madu, dan Macan Dahan. Berani menyapa fauna-fauna ini, kawan?

—-

width=300Tidak hanya wisata alam dan pendidikan, kawan. Baturaden juga menyediakan beragam wisata kebudayaan. Setiap bulan pertama dalam kalender tahun Islam, biasa diadakan Grebeg Syura. Ada juga pertunjukan musik Calung, seni tari tradisional Lengger, Kuda Lumping, serta Sadranan sebagai upacara mengunjungi situs suci. Juga tradisi Kenduren yang masih lazim dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Oya, kawan, Baturaden juga menyimpan Legenda Rakyat yang terkenal. Salah satunya Lutung Kasarung yang patungnya diabadikan persis di atas Pancuran Pitu.

Nah, untuk Anda yang menempuh perjalanan jauh, tak perlu bingung mencari tempat bermalam. Bumi Perkemahan Baturaden siap menemani malam Anda dengan tenda yang sudah disediakan. Betapa asyiknya membayangkan bermain dengan api unggun di Wana Wisata ini. Atau Anda lebih suka bermalam di hotel, disekitar lokawisata ini berderet banyak villa dan hotel yang Rate Room-nya bervariativ.

Purwokerto Purwokerto waktu malam, dilihat dari Baturaden. Sumber: macclubindonesia.com

Bagaimana? Masih berpikir dua kali untuk berkunjung kesana? ***

Sumber foto:

letter03.blogspot.com
macclubindonesia.com
thearoengbinangproject.com
theater.alam.baturraden
wisatabanyumas.blogdetik.com

(7) Comments

  • Nizar
    12/09/2012 at 2:03 am

    Jadi pengen ke Baturaden 🙂

    tapi benarkah ke Baturaden dengan pacar bisa Putus?

    That’s a superstition

    • damai_wardani
      04/12/2012 at 11:46 pm

      ya so what ajalah. kapan atuh mau ngajakin orin?
      #opz!

  • Em Farobi
    12/09/2012 at 10:47 am

    Baturraden emang asyik banget buat rekreasi,

    • damai_wardani
      04/12/2012 at 11:46 pm

      setuju! kapan atuh mau kesana?

  • Eswahyudi Kurniawan
    19/09/2012 at 11:13 am

    Waduuuhhhhhhhhh knapa dulu gak mau ikut saat diajak temenku ya T.T
    MenyesalllLLLL…

    • damai_wardani
      04/12/2012 at 11:43 pm

      gpp mas wahyu, masih ada kesempatan lain. 🙂 terima kasih atas kunjungannya. 🙂

  • william
    28/01/2013 at 7:52 am

    Saya bangga pada lokawisata Banyumas 🙂
    Maju terus Banyumas… !

    maju! 🙂 nuhun kunjungannya,

Leave a Comment

*